Kenali Tanda Kamu Harus Mulai Berhemat

Hari gini siapa yang sering merasa gajian habis jauh hari sebelum tanggal gajian di bulan depan. Seiring dengan kebutuhan yang semakin meningkat, apalagi harga-harga kebutuhan yang merangsek naik tanpa terasa gaji yang selama ini kita merasa cukup untuk ini itu, eh tiba-tiba saja terasa menipis seperti selembar kertas putih polos. Kalau sudah seperti itu, kamu harus pandai-pandai mengelola keuangan.

Apa saja yang terlalu menyedot banyak pengeluaran bulanan, harus mulai dilakukan penghematan. Di luar faktor besaran gaji, kamu sendiri yang bisa menentukan skala prioritas pengeluaran bulananmu. Kamu gak mau kan setiap bulan harus besar pasak daripada tiang. Beberapa hal ini adalah pertanda jika kamu harus mulai berhemat mengatur pengeluaran bulanan.

1. Sulit Menabung

Jika kamu merasa seluruh penghasilanmu habis untuk pengeluaran bulanan dan sulit untuk menabung, maka sudah saatnya kamu mulai berhemat memangkas beberapa pengeluaran bulananmu. Sebab bagaimanapun, kamu wajib memiliki tabungan untuk kebutuhan mendadak.

2. Gaji habis untuk bayar cicilan

Setiap orang memang boleh-boleh saja memiliki hutang. Cicilan mobil, angsuran rumah,kartu kredit, dan angsuran lainnya. Tapi yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai gaji habis untuk membayar angsuran pinjamanmu. Jika sudah seperti itu,maka kamu wajib mengatur kembali pengeluaran bulananmu agar penghasilanmu masih tersisa.

3. Mengandalkan pinjol

Saat ini begitu mudah akses untuk mendapatkan pinjaman online (pinjol). Proses mudah dan cepat,   dengan tenor pendek. Untuk kebutuhan yang sifatnya mendesak, pinjol seringkali bisa dijadikan solusi jangka pendek. Meskipun tetap harus berhati-hati karena suku bunganya yang relatif tinggi. Namun jika kamu mulai mengandalkan pinjol untuk kebutuhan yang sifatnya tidak urgent,berarti kamu harus mulai berhemat untuk mengurangi ketergantungan terhadap pinjaman online. Sangat disayangkan jika harus terjerat dengan banyaknya pinjaman online.

4. Pengeluaran untuk kebutuhan pokok lebih kecil dari pengeluaran lainnya.

Coba kamu buat daftar rincian pengeluaran bulananmu. Hitung seberapa besar rasio pengeluaran kebutuhan pokok dan pengeluaran lain-lain. Jika lebih besar di pos pengeluaran lain, maka kamu harus mulai berhemat. Kurangi pengeluaran yang tidak penting agar bisa ditabung. Prioritaskan untuk kebutuhan pokok terlebih dahulu.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.